HIMATO UMP Gelar Automotif Educative Zone 2017

Dalam rangka memberikan wadah kreasi inovasi serta edukasi, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Otomotif bersama Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Univesitas Muhammadiyah Purworejo menggelar Automotif Educative Zone 2017. Agenda ini merupakan program kerja tahunan yang telah terselenggara untuk ke-2nya. Dengan mengangkat tema “Membangun Generasi Muda melalui Edukasi, Kreasi dan Inovasi Otomotif” kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian seperti Skill Contest se-Kedu Jateng, Safety Riding, Free Service, dan Pameran mahasiswa yang dibuka stand di halaman kampus. Rangkaian acara ini dilaksanakan sejak 4-6 mei 2017 dengan puncak acara adalah Seminar Nasional pada 6 Mei 2017 dengan menempati Ruangan Seminar Kampus Timur.

Dalam sambutannya, Bupati yang diwakili oleh Drs Muh. Wuryanto, MM, asisten III Bidang Administrasi menyambut positif dan memberikan apresiasi dengan penyelenggaraan acara ini. “Semoga agenda inspiratif pada kali ini mampu memotivasi siswa untuk berkreasi dan berinovasi terutama dalam skill contest bidang otomotif serta dapat memberikan kontribusi positif bagi semua elemen”ujar beliau disela-sela sambutan yang disampaikan.

Pada acara skill contest mendapatkan respon yang sangat positif dari berbagai SMK di Eks karesidenan Kedu. Karena faktanya panitia AEZ 2017 mendapat 26 peserta dari 16 sekolah yang tersebar di berbagai daerah di karesidenan eks kedu, ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan 100% dari Skill Contest AEZ 2016 yang lalu. Dalam skill contest kali ini beberapa kompetensi Teknik Sepeda Motor yang dilombakan, yaitu troubleshooting sepeda motor, kelistrikan sepeda motor, perakitan karburator dan scanner sepeda motor EFI.

Mencoba mengulang sukses pada penyelenggaraan yang pertama, rangkaian kegiatan mendapat apresiasi. Dalam sambutannya menekankan bahwasanya kegiatan ini mampu meningkatkan wawasan berorganisasi, mengenalkan Program Studi Teknik Otomotif di kalangan pelajar sekolah kejuruan dan mendekatkan diri kepada masyarakat. Kemudian akan diberikan bebas masuk UMP tanpa tes dan bebas uang gedung bagi yang mendapatkan juara 1 kategori skill contest.

“Diharapkan dengan adanya Skill conyest tingkat SMK yang diselenggarakan oleh himato maka dapat mencetak generasi muda yang mempunyai daya saing melalui edukasi kreasi dan inovasi pada bidang otomotif” papar Endar Setiawan.

Agenda safety riding dilaksanakan pada hari kedua dengan bekerjasama dengan Polres Purworejo sedangkan Free Service dengan AHM Astra Honda Motor dan   diakhiri dengan Seminar Nasional dengan membedah pengembangan mobil listrik di Indonesia.(suara muhammdiyah.or.id)